Lebaran, Artos Mall Tetap Buka

Sejumlah pusat perbelanjaan di Magelang tetap melayani konsumen pada hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat (15/6/2018). Salah satunya adalah Artos Mall yang tetap buka selama lebaran.

Public Relation Artos Mall, Dian Indri Cahyani menjelaskan bahwa Artos Mall tetap beroperasional seperti biasanya, kecuali saat hari H. Pada malam takbiran atau semalam sebelum Lebaran, mal tetap tutup pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada hari H, mal buka lebih siang pada pukul 12.000 hingga pukul 22.00 WIB.

“Alasannya adalah pihak manajemen memberikan kesempatan kepada karyawan muslim untuk menunaikan salat Id terlebih dahulu”, terangnya.

Imbuh Dian,di hari kedua lebaran  Artos Mall kembali beroperasional seperti biasa pada pukul 10.00-22.00 WIB.

Ia memprediksi mal akan ramai saat Lebaran karena banyak masyarakat yang ditinggal asisten rumah tangga, sehingga memilih makan di luar rumah. Saat itu juga banyak saudara dari luar kota yang datang bersilaturahmi sehingga mal menjadi salah satu alternatif untuk rekreasi.

Puncak tertinggi kepadatan pengunjung biasanya dimulai H-3 lebaran. Tahun 2017 lalu, pengunjung mencapai 27ribu di H-3. Kemudian saat hari H berkurang menjadi 15ribu. Sedangkan di hari ke-2 lebaran kepadatan pengunjung kembali naik.

“Hal itu dikarenakan menjelang lebaran masyarakat masih sibuk berbelanja untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Diprediksi, tahun ini kepadatan pengunjung memiliki pola yang sama dengan tahun lalu”, terang Dian.

Meskipun tidak ada special event yang digelar saat hari H lebaran, namun masih ada pameran dan tenant yang memberikan diskon spesial lebaran.